Rekomendasi Bacaan

Islam dibangun di atas tradisi baca-tulisnya. Dimulai dari ayat pertama yang diwahyukan kepada Rosulullah Muhammad Saw. dalam surat Al-‘Alaq (96) ayat 1, “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,” dilanjut dengan pembukuan Al-Quran menjadi mushaf, kodifikasi kitab para ulama salafusholeh, hingga penerjemahan buku-buku Persia dan Yunani ke dalam bahasa arab yang menjadi awal berdirinya Peradaban Emas Islam dalam bidang keilmuan.

Bahkan secara metafisika, Islam tidak dapat terlepas dari baca dan tulis. Malaikat diperintahkan oleh Allah swt untuk menuliskan amal baik dan buruk kita. Yang kelak, di hari persidangan, kita diperintahkan untuk membaca hasil dari catatan para malaikat tersebut. Tanpa kita ketahui dari sisi mana kita akan menerima buku catatan itu, Kiri atau Kanan.

Terlebih, sudah menjadi kewajiban bagi setiap muslim untuk menuntut ilmu, dan tradisi belajar dalam Islam setelah talaqi adalah menghafal dan membaca.

Jadi, kami mohon izin untuk berbagi beberapa dari sedikit amunisi bacaan yang kami temukan dan kurasi, baik buku dalam bentuk fisik maupun dalam format .pdf dan artikel internet.

Sekedar saran, ada beberapa buku dan artikel yang sebaiknya mampir dulu ke rekomendasi tontonan sebelum membacanya. Agar mendapatkan gambaran dan menumbuhkan apresiasi terhadap subjek yang mau dipelajari. Saran aja sih.

Semoga bermanfaat. Tabik

Artikel

Pengantar Fiqh / Islam:

Pengantar Tazkiyatun Nafs / Ihsan

The Holy Prophet Saw.

Islamic Law/ Sharia Law

Masyarakat & Budaya

Buku

Bagaimana Cara Mengamalkan/ Fiqh/ Islam (pilih satu)

Kitab Aqidah/ Iman:

Buku Tazkiyatun Nafs/ Ihsan:

Qur’an:

Rasulullah Muhammad Saw:

Kitab Hadits untuk Awam:

Buku Motivasi:

Buku Psikologi:

Buku Masyarakat & Budaya:

Buku Sejarah:

Buku Pemikiran: